Selasa, 26 Desember 2017

Ragam Bahasa dalam Lapak Jual Beli Online di Komunitas Facebook Lapak Welahan Jepara (WLJ)

0 komentar
"Ragam Bahasa dalam Lapak Jual Beli Online di Komunitas Facebook Lapak Welahan Jepara (WLJ)"

Bramasta Krisna Diandra
16410074
3B
PBSI, FPBS, UPGRIS

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Bahasa adalah suatu bentuk ujaran yang berasalkan dari alat ucap yang dimiliki manusia yang bersifat arbitrer. Bahasa mempunyai cabang salah satunya yaitu linguistic, dan linguistic mempunyai cabang lagi salah satunya yaitu Sosiolinguistik. Ilmu Sosiolinguistik adalah bidang ilmu antardisiplin yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat. Dalam ilmu sosiolinguistik terdapat kajian materi mengenai variasi bahasa, jenis bahasa, alih kode dan lain sebagainya. Seperti yang kita ketahui penggunaan bahasa tersebut tergantung dari siapa yang mengucapkannya, entah itu dari suatu daerah, kelompok atau golongan tertentu.
Salah satu kelompok yang baru baru ini tenar yaitu kelompok jual beli online, dan media sosial menjadi salah satu alternatifnya contohnya facebook, instagram dan sosial media lainnya. Menurut pengamatan, salah satu alasan terbentuknya kelompok tersebut adalah mudahnya akses media sosial yang sekarang sudah menjadi nyawa kedua bagi pemilikya, Mudahnya akses dalam bermedia sosial seperti Facebook, Instagram, BBM, dan Whatshap disamping menjadi alat komunikasi juga menjadi sasaran empuk untuk menjual produk atau apapun yang ingin dijual dengan serta gratis dalam akses yang diberikan oleh operator-operator kartu handphone, daripada membuat laman jual beli seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain yang belum tentu gratis dalam akses laman webnya.
Dari hubungan antara sosiolinguistik dengan kelompok jual beli online, penulis ingin mengkasifikasi lebih dalam mengenai ragam atau variasi bahasa yang digunakan oleh suatu kelompok/komunitas jual beli online tersebut  terutama di sosial media facebook, yang bisa mencapai tujuan jual beli secara online, dengan negosiasi yang terjadi bisa bertemu secara langsung ataupun dengan komunikasi berupa SMS, telpon dan lain sebagaianya.
B.     Rumusan Masalah
1)      Apa itu lapak jual beli/jual beli online?
2)      Faktor jual beli online menggunakan ragam bahasa bahasa?
3)      Apa saja ragam bahasa yang digunakan pada transaksi jual beli?

C.    Tujuan Masalah
1)      Agar pembaca tahu kenapa jual beli online menggunakan ragam bahasa
2)      Untuk mengetahui berbagai macam ragam bahasa yang terjadi di media sosial.
3)      Agar pembaca tahu mengenai istilah dalam transaksi di lapak jual beli online di media sosial
4)      Sebagai tugas akhir mata kuliah Sosiolinguistik          

D.    Kajian Teori
Variasi bahasa atau ragam bahasa merupakan bahasan pokok dalam studi sosiolinguistik, sehingga Kridalaksana (1974) mendefinisikan sosiolinguistik sebagai cabang linguistik yang berusaha menjelaskan ciri-ciri variasi bahasa dan menetapkan korelasi ciri-ciri variasi bahasa tersebut dengan ciri-ciri sosial kemasyarakatan.
Keragaman bahasa ini bukan hanya disebabkan oleh para penuturnya yang tidak homogen, tetapi juga karena disebabkan interaksi sosial yang mereka lakukan sangat beragam. Dalam hal variasi bahasa ini ada dua pandangan. Pertama, variasi itu dilihat sebagai akibat adanya keragaman sosial penutur bahasa itu dan keragaman fungsi bahasa itu. Kedua, variasi bahasa itu sudah ada untuk memenuhi fungsinya sebagai alat interaksi dalam kegiatan masyarakat yang beraneka ragam.
E.     Metode
1)      Metode Non participant observation/ Observasi non participant
2)      Metode Wawancara

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Jual Beli Online
·         Pengertian Jual beli
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jual beli adalah persetujuan saling mengikat antara penjual, yakni penjual sebegai orang yang menyerahkan barang, dan pembeli sebagai orang yang membayar harga barang yang dijual.
Artinya Jual beli adalah tukar menukar harta dengan harta, artinya dalam transaksi jual beli adalah transaksi tukar menukar antara harta milik penjual biasanya berupa barang ditukar dengan harta milik pembeli biasanya berupa uang.

·         Pengertian Online
Online adalah keadaan terkoneksi dengan jaringan internet. Dalam keadaan online kita dapat berselancar di internet dengan melakukan kegiatan secara aktif sehingga dapat menjalin komunikasi baik komunikasi satu arah seperti membaca berita dan artikel dalam website maupun komunikasi dua arah seperti chatting dan saling berkirim email.
Jadi, dari pengertian-pengertian tersebut maka kita dapat menyimpulkan bahwa Jual beli online adalah aktifitas jual beli berupa transaksi penawaran barang oleh penjual dan permintaan barang oleh pembeli secara online dengan memanfaatkan teknologi internet.
Berdasarkan hasil amatan dari penulis interkasi yang ada di dalam komunitas ini, seperti interaksi dari postingan dan komentar yang ada, karena bisa dilihat dari interaksi tersebut ada banyak sekali yang menggunakan bahasa Jawa ragam ngoko, krama, ada juga yang menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu banyak sekali istilah-istilah dari bahasa Inggris yang diserap dalam interaksi dalam mereka berkomunikasi. Selain itu banyak juga singkatan-singkatan.
B.      Ragam bahasa yang digunakan pada transaksi jual beli di Grub facebook Lapak Welahan Jepara
1.      Campuran bahasa
Campuran bahasa Indonesia - bahasa jawa

Gambar di atas bisa kita amati bahwa dalam grup tersebut rata rata menggunakan variasi bahasa antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa. Walaupun tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar tapi pembaca masih bisa mengerti maksud dari penjual atau orang yang memosting tersebut. maksud dari penjual tersebut “bagian ngisor retak sitik tapi sentuhe jeh aman wae” maksudnya bagian bawah sedikit retak tetapi masih bisa digunakan.
2.      Penyataan yang meyakinkan 

Pada gambar tersebut kita lihat orang yang memosting meyakinkan kepada pembaca atau calon pembeli bahwa ponsel yang dia tawarkan normal dengan kata “normal mal, no minus, dan istimewa” itu artinya penjual berani jamin bahwa ponsel yang dijual tidak ada kendala atau kerusakan.
3.      Singkatan-singkatan

Maksud diatas adalah sebuah singkatan yang mengacu kata benda sangatlah umum. Seperti kata “2gb” yang mempunyai arti “2 giga bait” yang berarti menunjukan besarnya kapasitas. Singkatan kata “zf5” berarti mengacu kepada salah satu nama ponsel yaitu “zenfone 5”.
4.      Kosa kata
berikut adalah daftar kosa kata yang lain yang sangat sering digunakan dalam interkasi jual beli online.
1.      Fullset          = dari Bahasa Inggris “Full Setting” ( lengkap)
2.      BU               = Butuh Uang
3.      TT                 = Tukar Tambah
4.      DJ                 = Dijual
5.      Gan/Agan     = panggilan untuk orang lain dengan kata yang sebenarnya juragan, agar                       tekesan sok akrab
6.      Sist/Sista      = bersal dari kata “Sister” yang artinya kakak perempuan
7.      Minus           = Kekurangan
8.      Mulus           = barangnya bagus
9.      OOT             = “Out of  Topic” ( berkomentar diluar topik, tidak serius dalam membeli)
10.  Cod              = “Cash on Delivery” ( pelayanan ekstra penjual mengantarkan barang, ketemuan)
11.  Matot           = Mati Total

C.    Faktor yang menyebabkan adanya variasi bahasa
Faktor munculnya ragam bahasa dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor antara lain, entah itu dari eksternal maupun internal.
a.       Faktor Eksternal
Menutut pengamatan, bahwa factor eksternal yang menjadi penyebab adanya variasi bahasa dalam transaksi online tersebut adalah berasal dari orang lain yang sering menggunakan variasi bahasa tersebut jadinya seseorang yang baru akan terpengaruh dan ikut-ikutan menggunakan bahasa yang penuh dengan singkatan tersebut. seperti contoh dalam di Lapak Welahan Jepara sering terlihat menggunakan bahasa jawa, itu Karena faktor dari geografisnya yang berada di daerah Jepara, Jawa tengah. Kemudian dilihat dalam segi bahasa dlam group ini menggunakan bahasa jawa dan bahasa indonesia yang cenderung disingkat seperti contohnya “Tku sak maceme ktimbang nganggur”, DJ / TT hp Redmi….”.
b.      Faktor internal
Factor internal atau dari diri sendiri juga terkadang menjadi factor adanya variasi bahasa dalam jual beli online, factor dari dalam diri seperti malas untuk mengetik tulisan yang banyak atau memang sengaja merubahnya agar menrik perhatian pembeli. Contohnya Untuk ragam bahasa yang sedang kita bahas sekarang yang menjadi ciri khas jual beli online terutama dalam gkomunitas Lapak Welahan Jepara yaitu kata kata “gan, sist, say, bro” dsb. Dengan menggunakan variasi dalam bertransaksi online tersebut dengan cara sok akrab, para penjual dapat merayu si calon pembeli agar membeli dan bahkan kini menjadi bentuk budaya.




BAB III
PENUTUP
Kesimpulan dan Saran
Dalam komunitas/ Lapak Welahan Jepara kebanyakan menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, namun terkadang ada juga yang menggunakan bahasa jawa-bahasa inggris, itu yang disebut variasi bahasa ada juga yang menggunakan bahasa indonesia tetapi tidak dalam kaidah baik, seperti mengurangi ejaan bahasa indonesia itu sendiri. Untuk itu dalam bersosial media harus dapat berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar, memang bahasa akan terus berkembang sesuai dengan zamannya contohnya bahasa gaul kita juga harus mengikuti alurnya, tetapi kita juga harus tahu bagaimana tata cara berbahasa yang sebenarnya menurut kaidah.

Daftar pustaka
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Chair, Abdul, Leonie Agustine. 2010. Sosiolinguistik Pengenalan Awal.  Jakarta: Rineka Cipta.

0 komentar:

Posting Komentar